Jumat, 18 April 2014

TUGAS MARKETING COMMUNICATION "ANALISIS 5 IKLAN"

FARADILLA PERWITA 

115020200111027 / KELAS BC



1.  IKLAN HUMOR (IKLAN LINE)

 Iklan penyedia jasa komunikasi Line ini adalah iklan yang menggambarkan humor. Iklan ini bercerita tentang seseorang yang merasa kesal dengan mesin fotokopi yang tidak bisa dijalankan. Karena kekesalannya, ia menendang mesin fotokopi itu dan akhirnya mesin fotokopi tersebut menyala dan berbalik “menendangnya”. Karena kesal, ia tak bisa berkata-kata, dan muncullah penggambaran tentang keunggulan Line yang dapat menampilkan gambar-gambar (stiker) lucu yang dapat menggantikan kata-kata. Iklan ini termasuk menarik dengan humor yang disajikan namun tidak melupakan tentang pesan yang akan disampaikan oleh produsen yaitu keunggulan Line yang menyediakan gambar-gambar lucu yang dapat menggantikan kata-kata ketika kita mengirim pesan melalui Line kepada lawan bicara kita.

2.       IKLAN SEX APPEAL (IKLAN SABUN LUX)

Iklan sabun Lux diatas termasuk iklan sex appeal. Pada iklan tersebut seorang bintang iklan yaitu Bunga Citra Lestari digambarkan akan menghadiri sebuah acara, mula-mula ia mandi dengan menggunakan sabun Lux yang menampilkan sebagian badannya terbuka. Selanjutnya ketika ia datang ke sebuah acara terdapat adegan yang menggambarkan sex appeal dengan Ashraf Sinclair. Oleh karena itu, iklan ini termasuk iklan yang bertemakan sex appeal.

3.       IKLAN KOMPARATIF (IKLAN PENYEDAP ROYCO)
 Iklan bumbu penyedap Royco ini adalah iklan komparatif. Pada iklan ini digambarkan seorang chef yang tengah menantang seorang ibu-ibu untuk mencoba antara bumbu penyedap Royco dab penyedap lainnya. Ketika secara visual dibandingkan, bumbu penyedap Royco ketika disandingkan dengan merk lainnya warnanya jauh lebih pekat. Ketika Ibu tadi mencoba, ia mengaku bahwa penyedap Royco tersebut jauh lebih berasa daripada yang menggunakan merk lain, walaupun ibu tersebut menggunakan sendok kecil ketika mencicipinya. Adanya sampel pembanding pada iklan tersebut dapat dikategorikan bahwa iklan ini adalah iklan komparatif, walaupun iklan ini tidak menunjukkan dengan jelas merk apa yang menjadi pembandingnya.

1.       IKLAN YANG MENGGAMBARKAN KETAKUTAN (IKLAN DIABETASOL)

Iklan Diabetasol tersebut menggambarkan tentang seseorang yang mempunyai gejala diabetes, yaitu sering buang air kecil, mudah lemas dan sering merasa haus. Kemudian iklan Diabetasol ini menunjukkan bagaimana akibat komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit tersebut. Pada akhir iklan dijelaskan bahwa dengan mengkonsumsi Diabetasol, seseorang bias mencegah penyakit Diabetes karena Diabetasol dapat membantu meningkatkan kerja insulin, membantu kestabilan gula darah dan mengarahkan untuk menjaga pola makan serta memeriksa kadar gula darah secara rutin. Ikla ini termasuk iklan yang menggambarkan ketakutan ketika tidak mengkonsumsi produk tersebut karena di awal bagian dijelaskan tentang resiko yang mungkin ditimbulkan ketika tidak mengkonsumsi Diabetasol.


1.       IKLAN YANG MENGGAMBARKAN RASA BERSALAH (IKLAN KIWI)

 Iklan pembersih sepatu Kiwi tersebut menggambarkan rasa bersalah. Digambarkan bahwa terdapat dua orang yang saling berkompetisi memperebutkan sebuah pekerjaan dari atasannya. Salah satu pria mengoleskan pembersih sepatu Kiwi sebelum ia menghadap atasannya,sedangkan pria yang menjadi kompetitornya tidak menggunakan Kiwi. Di akhir cerita digambarkan bahwa atasannya memilih pria yang lebih berpenampilan rapi dengan sepatu yang bersih karena memakai produk ini, dibandingkan pria yang tidak memakai Kiwi. Oleh karena itu, iklan ini menggambarkan rasa bersalah seseorang yang tidak menggunakan produk tersebut
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar